Rabu, 10 Januari 2018

Pokok-pokok pikiran administrasi

                           

                        BAB I      PENDAHULUAN       

A.Latar Belakang  

Studi administrasi bisnis bukan merupakan suatu bidang yang baru, melainkan telah dikenal sejak lama; dahulu barangkali masih dinamakan administrasi niaga. Akan tetapi, posisi ilmu administrasi bisnis dewasa ini kerap menjadi rancu, seolah-olah terjadi over-lapping dengan ilmu manajamen. Inilah tema yang  ingin dikupas dalam tulisan singkat ini. Ini penting untuk dipahami, agar kita dapat melihat dengan lebih jelas dimana sebenarnya posisi administrasi bisnis itu sendiri, dan dengan demikian dapat mendefinisikan domain atau wilayah kajian yang sebenarnya dari disiplin ilmu ini.
Selain itu, secara praktis, ini berimplikasi kepada perumusan gagasan-gagasan yang lebih tajam dan inovatif, dimana administrasi bisnis perlu mengembangkan pemikiran yang sesuai dengan bidang kajiannya, yakni memberikan kerangka ilmiah kepada aktivitas bisnis yang berkembang di masyarakat. Ini penting sebagai bentuk sumbangan nyata dunia akademis kepada masyarakat.

B.   Rumusan Masalah


Berdasarkan latar belakang di atas, adapun masalah yang muncul adalah sebagai berikut:
1.Apa saja pokok-pokok pikiran administrasi

 

 C.Tujuan


Diharapkan mampu mengetahui pokok-pokok pikiran administrai dan  dapat menambah pengetahuan dan semoga bermanfaat untuk kita semua.




 

            BAB II     PEMBAHASAN

Pokok-pokok pikiran administrasi

                                                           

Administrasi merupakan rangkaian kegiatan penataan

Administrasi merupakan rangkaian kegiatan (proses) yang wujudnya: merencanakan, memutuskan, menyusun, mengatur, memipin, megurus, mengarahkan, membimbing, menjelaskan, mengendalikan, mengawasi, menyempurnakan, dan kegiatan-kegiatan semacam  itu.
Kegiatan-kegiatan semacam itu tercakup dalam system istilah yaitu yang disebut ‘penataan’ atau ‘menata’. Oleh karena itu, kegiatan-kegiatan yang termasuk dalam pengertian Administrasi adalah rangkaian kegiatan penataan. (The Liang Gie & Sutanto, 1997).
Dengan demkiandapat ditarik kesimpulan bahwa administrasi adalah segenap rangkaian kegiatan penataan terhadap usaha kerjasama manusia mencapai tujuan.


Rangkaian kegiatan penataan oleh sekelompok orang

Rangkaian kegiatan penataan itu tentu saja diartikan sebagai rangkaian kegiatan yang digolongkan sebagai administrasi dimana tentunya mencakup yang dilakukan oleh sekelompok orang (dua orang atau lebih), berlangsung dalam suatu kerjasama dan dimaksudkan untuk mencapai tujuan tertentu yang telah ditetapkan.
Jadi bisa ditarik kesimpulan bahwa kegiatan penataan itu merupakan suatu kerjasama dimana terdapat rangkaian perbuatan yang dilakukan bersama-sama secara teratur oleh dua orang atau lebih, dimana kegiatan ini tidak mungkin sekali dilakukan sendiri karna rangkaian penataan ini memiliki komponen kata ‘kerja sama’ pula.


Administrasi merupakan usaha kerjasama  dari sekelompok orang tersebut

Suatu proses yang umum ada pada setiap usaha kelompok-kelompok baik pemerintah maupun swasta, sipil, maupun militer, dalam ukuran yang besar maupun kecil. Rangkaian perbuatan  yang di lakukan secara bersama-sama
 secara teratur oleh dua orang atau sekelompok orang yang menimbulkan akibat yang sebenarnya tidak akan terjadi apabila di lakukan oleh masing- masing seorang diri.


Usaha kerjasama itu mempunyai tujuan tertentu yang ingin di capai.

Segala kegiatan dan tidakan yang di lakukan untuk mencapai tujuan (termasuk juga di dalamnya tindakan untuk menentukan tujuan itu sendiri, atau dengan kata lain bersifat melihat ke depan artinya kepada pencapaian tujuan pada masa yang akan datang). Rangkaian perbuatan manusia yang mengandung maksud tertentu yang memang di kehendaki oleh orag yang melakukan perbuatan itu. Di sini pula segenap aktifitas yang terjadi sebagai akibat perbuatan tersebut. Sudah jelas dikatakan tadi bahwa rangkaian penataan yang dilakukab secara kerjasama itu mempunyai tujuan tertentu. Dimana pencapaian tujuan tersebutlah yang menjadi tolak ukur berhasil atau tidaknya usaha kerjasama tersebut. Serta tidak mungkin pula dalam suatu rangkaian kegiatan tidak mempunyai tujuan tertentu untuk dicapai.

Jadi proses usaha kerjasama manusia menuju pencapaian tugas yang mencakup segenap factor-faktor pengertian, unsur-unsur serta pengaruh lingkungan administras menurut Liang Gie, 1977 dapat digambarkan sebagai berikut,


Keterangan :
O : Organisasi
M : Manajemen
K  : Kepegawaian
K  : Keuangan
K  : Keperluan  Perlengkapan
P  :  Pekerjaan kantor
T  :  Tata usaha
H  : Hubungan


Tujuan utama ilmu administrasi ialah melaksanakan suatu pekerjaan dengan mempertimbangkan pengeluaran tenaga kerja dengan perbekalan yang sedikit dikitnya. dasarnya sistem administrasi memiliki peranan yang sangat penting bagi perusahaan, karena dapat membantu perusahaan dalam memberikan data/informasi yang diperlukan oleh pimpinan perusahaan dan memudahkan pimpinan dalam mengambil keputusan dalam pelaksanaan tugas selanjutnya. Seorang administrator akan berhasil mendapatkan kesuksesan bila mana seoarang administrator tersebut mampu menggunakan sember daya atau sumber tenaga dan fasilitas yang ada secara efisien.

Seorang administrator akan mendapatkan hasil yang efektif dan efisien, yakni hasil yang sesuai dengan tujuan yang ditetapkan sebelumnya dari semua sumber daya dan fasilitas yang ada apa bila ia melakukan pekerjaan manajemen, yakni merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, dan mengontrol semua kegiatan dalam proses pencapaian tujuan pendidikan.

Efisiensi berasal dari bahasa latin yaitu eficere.Adam smith mengatakan efisiensi ialah perbandingan yang sebesar mungkin antara hasil hasil dari tenaga kerja manusia seluruh dunia setiap tahunnya.

Efisiensi sulit diterapkan di Indonesia dikarenakan oleh susunan masyarakat indonesia yang sebagian besar terdiri dari masyarakat agraris dan saling segan menyegani. Hal ini justru dapat menghambat efisiensi dalam berkehidupan. Lain halnya dengan masyarakat negara lain yang memiliki tingkat efisiensi yang tinggi dan berkualitas.




BAB III       PENUTUP

Demikianlah makalah tentang pokok-pokok pikiran administrasi yang saya buat ,semoga bisa bermanfaat bagi kita semua

Kesimpulan

Kesimpulan dari makalah ini adalah administrasi itu mempunyai pokok-pokok pikiran yang penting dalam proses administrasi  untuk mencapai hasil kerja yang maksimal dan efisien.

DAFTAR PUSTAKA


http://prestasipustakaraya.com/pengantar-ilmu-administrasi.html/           
miwari.blogspot.co.id/2014/10/administrasi-memerlukan-cara-berfikir.htm


1 komentar: